Minggu, 29 April 2012

Berjualan Online


Jualan online

Jenis bisnis online ini mungkin yang paling banyak ditemui di dunia maya. Sesuai dengan namanya, maka kategori bisnis online ini adalah sang pengusaha ( pemilik produk ) menjual produknya. Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a.       Sell your own phsycal product in your own web (menjual produk fisik sendiri di web sendiri)
Bentuk bisnis ini bisa  disebut sebagai toko online. Produk yang bisa dijual pun sangat beragam, mulai dari makanan, pakaian, kosmetik dan produk fisik yang lain. Bhineka.com dan amazon.com adalah contoh web yang termasuk dalam kategori ini.

b.
  Sell your own phsycal product in another web (menjual produk fisik sendiri di web orang lain)
Jika web kita belum mempunyai traffic yang bagus, mungkin akan mempengaruhi bisnis kita. Salah satu solusi yang banyak dilakukan para pelaku bisnis online adalah menjual produk fisiknya melalui web orang lain, yang tentu saja web-nya mempunyai banyak pengunjung dan trafficnya bagus untuk bisnis. Bahkan dengan menitip iklan di web orang lain, sang pemilik produk tidak harus pusing mendesain atau bahkan membuat web-nya sendiri. Akan tetapi, dengan menitip iklan tentu saja kita harus melalui kesepakatan terlebih dahulu dengan sang pemilik web sehingga kita bisa nitip iklan.

c.
     Menjual e-book
Bagi sebagian orang, buku elektronik lebih praktis dan efisien untuk digunakan dari pada buku fisik tradisional. Barangkali itu yang menjadi penyebab semakin populernya e-book dewasa ini. Banyak universitas yang telah menggalakkan pembelajaran dengan e-book produk mereka sendiri. Umumnya, e-book berformat pdf. Layaknya buku biasa, e-book juga bisa bermacam-macam, misalnya e-book tentang computer, programming language dan sebagainya.

d. Menjual multimedia course
Tidak hanya dengan tulisan seperti e-book, multimedia course menggunakan multimedia sebagai isinya, yaitu berupa audio maupun video. Multimedia course lebih bagus dan (bisa ) lebih mahal dari e-book. multimedia course dapat berupa CD maupun DVD, bahkan sudah banyak disediakan dengan format yang dapat diunduh seperti mp3 maupun mp4.

e. 
Menjual software
Bagi yang ahli program dan banyak menghasilkan software, anda bisa menjual software buatan anda sendiri di internet. Bisa software apa saja, software penjualan, games dan lain-lain. Pendistribusian software akan lebih baik dilakukan secara online.
f.        Menjual akses keanggotaan/membership
Biasanya yang dijual adalah akses informasi untuk anggotanya dimana anggota akan mendapatkan informasi-informasi ter-update, dan tentunya anggota akan dikenakan biaya untuk informasi yang didapat tersebut. Anggota selain mendapat informasi juga bisa konsultasi dengan pemilik web. Contoh webnya : tdwuniversity.com.

f.
  Menjual produk yang anda miliki haknya
Barang yang kita miliki haknya bukan berarti produk kita, tetapi barang yang telah kita beli dan ada lisensi yang membolehkan kita untuk menjualnya kembali. Biasanya sih berbentuk e-book dan software.
Jika anda punya produk yang layak jual, jangan tunggu lagi, segera pasang iklannya baik di web anda maupun nitip iklan di web orang,,, good luck,,,, :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar